Sabtu, 28 April 2012

Taman Wisata Pantai GAL-UT


Front Office Hotel TWP
Loby harga di receptionist

Tangga menuju lantai 3 & Mushalla

Canteen


kantin















































































































Tidak ada komentar:


Selayar

Kali ini kita membuka mata untuk melihat bagaimana sebenarnya pulau Selayar itu.
Pulau Selayar merupakan pulau yang terletak di antara Pulau Sulawesi dengan P. Jawa n NTB. Pulau ini masih termasuk wilayah Propinsi Sulawesi Selatan.
Untuk jelasx mari kita amati gambar berikut:

Nah klw yang ini foto2 kami wkt di Selayar.

Saat kami turun dari Peri di Pelabuhan Pulau Selayar

Pantai di daerah Baloya

Selayar

Kabupaten Selayar Kota Tanadoang
Kabupaten Silajara kota Tanadoang

Dimana laut dan gunung membentang
Rintena tamparang la gunung larussii

Sepanjang pulau ini
Silamberei pulonni

Ombak bergulung-gulung
Bombang a gulung-gulung

Menghempas batu karang
Ta tappasa ri batu karang

Perahu nelayan melaju
Lepa-lepa pajuku a loloi

Diterpa angin darat
Laerang angin bonto

Gunung-gunung menjulang tinggi
Bonto-bonto sanna langkasa'na

Pohon nyiur melambai-lambai
Poong-poong anggeong-geong

Ditiup angin laut
La tui angin tamparang

Menjelang malam hari
Ampa la bangngimu

red: http://sahrulcau.blogspot.com/

Aku lagi di Pelabuhan

Sekilas info tentang Selayar

Selayang Pandang
Selayar adalah kabupaten di propinsi sulawesi selatan, yang daerahnya terdiri dari beberapa pulau - pulau kecil. Selayar juga disebut kabupaten maritim, karena budaya dan matapencaharian penduduk tidak lepas dari kelautan.

Letak Geografis
Kabupaten Selayar merupakan salah satu Kabupaten diantara 24 Kabupaten/Kota di Propinsi Sulawesi Selatan yang letaknya di Ujung Selatan dan memanjang dari Utara ke Selatan. Daerah ini memiliki kekhususan, yakni satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi Selatan dan lebih dari itu wilayah Kabupaten Selayar terdiri dari gugusan beberapa pulau sehingga merupakan wilayah kepulauan.

Gugusan pulau-pulau yang berjumlah 123 buah baik pulau-pulau besar maupun pulau-pulau kecil yang membentang dari Utara ke Selatan. Luas wilayah Kabupaten Selayar tercatat 1.188,28 km persegi, wilayah daratan (5,23%) dan 21.138,41 km2 (94,68%) wilayah lautan, yang diukur 4 (empat) mil keluar pada saat air surut terhadap pulau-pulau terluar.

Secara geografis, Kabupaten Selayar berada pada koordinat (letak astronomi) 5o 42' - 7o
35' Lintang Selatan dan 120o 15' - 122o 30' bujur timur yang berbatasan dengan :
Sebelah Utara dengan Kabupaten Bulukumba dan Teluk Bone
Sebelah Timur dengan Laut Flores (Propinsi NTT)
Sebelah Selatan dengan Propinsi NTT
Sebelah Barat dengan Laut Flores dan Selat Makassar
Berdasarkan letak, Selayar merupakan kepulauan yang terletak diantara jalur alternative perdagangan internasional, yang menjadikan Selayar secara geografis sangat strategis sebagai pusat perdagangan atau pengumpul dan distribusi baik secara nasional untuk melayani Kawasan Timur Indonesia maupun pada skala internasional melayani Negara-negara di kawasan Asia.

Bu Asni & Cucu (SDN Mangkura II)
Geologi
Kondisi geologi pulau Selayar merupakan kelanjutan dari wilayah geologi Sulawesi Selatan bagian Timur yang tersusun oleh jenis batuan sediment. Struktur geologi Pulau Selayar menunjukkan struktur struktur dan penyebaran batuan berarah Utara - Selatan dan miring melandai kearah Barat. Sedangkan pantai Timur umumnya terjal dan langsung dibatasi oleh laut dalam yang cenderung merupakan jalur sesar.

Statigrafi batuan di Kabupaten Selayar terdiri dari :
Endapan alluvial dan endapan pantai terdiri atas kerikil pasir, lempung Lumpur dan batu gamping cral (Qac)
Satuan formasi Selayar walanae mencakup batu gamping, batu pasir, batu lempung, konglomerat dan tufa (tmps) yang terdapat disisi Barat hingga ujung pulau Selayar.
Satuan formasi batuan gunung api camba, meliputi breksi, lava, konglomerat, dan tufa yang terdapat pada bagian Selatan pulau Selayar.
Formasi camba, terdiri dari batuan sediment laut berseling dengan batuan gunung api (Tmc) terdapat pada sepanjang pantai Timur pulau Selayar.
Formasi walanae, terdiri dari batu pasir, konglomerat, tufa, batu danau, batu gamping, napal (Tmpv) terdapat pada ujung bawah pantai Barat pulau Selayar
.

Bapak ini adalah orang asli Selayar tapi dia tinggal di Makassar (Guru Olahraga di SDN Mangkura II) namax Rahman Rajab

Visi n Misi Kab. Selayar

A. VISI
Pernyataan Visi merupakan ungkapan kata yang menggugah " Business Plan" menjadi hidup.

Visi merupakan representasi keyakinan terhadap masa depan organisasi dalam pandangan pelanggan (masyarakat). Dengan demikian, Visi harus dapat menggambarkan keadaan ideal yang hendak diwujudkan di masa depan atau memandang citra masa depan yang ideal yang hendak diwujudkan dan dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan.

Sebagai implementasi dari kebutuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten Selayar menetapkan Visi Kabupaten yang diciptakan melalui suatu konsensus, serta menggambarkan sesuatu yang mungkin (tidak bersifat spekulasi) yang dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan.

Disamping itu, Visi kabupaten disusun untuk memberi inspirasi dan memberikan tantangan bagi prestasi dimasa mendatang dengan tetap memperhatikan sistem nilai strategis yang berfungsi sebagai titik temu semua stakeholder serta memungkinkan fleksibilitas dan kreativitas dalam peaksanaan.

Adapun Visi Kabupaten Selayar di rumuskan sebagai berikut :
" TERWUJUDNYA SELAYAR SEBAGAI KABUPATEN MARITIM YANG MAPAN MANDIRI DAN BERKELANJUTAN "
Visi Kabupaten Selayar tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam visi Pemerintah Kabupaten Selayar dengan tetap memperhatikan kewenangan otonom Kabupten Selayar sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2000, serta dengan memperhatikan analisis perkembangan lingkungan strategis, maka dirumuskan Visi Pemerintah Kabupaten Selayar sebagai berikut :

" Teciptanya Pelayanan Prima dalam mewujudkan Selayar sebagi Kabupaten Maritim "

Makna yang terkandung dalam Visi Pemerintah Kabupaten Selayar sebagaiman yang tersebut diatas yaitu :
" Pelayanan Prima " merupakan tujuan yang ingin diwujudkan dari para pelaksana Pemerintahan Selayar dalam rangka "Kepemerintahan yang baik (Good Governance)" sebagai wujud hubungan yang sinergis dan konstruktif antara Pemerintah, swasta dan masyarakat. Oleh karena itu langkah-langkah untuk mencapai tingkat Pelayanan Prima tersebut, dilakukan secara bertahap melalui pengembangan kelembagaan dan peningkatan kualitas aparatur, serta peningkatan dan penguatan kelembagaan masyarakat melalui penciptaan lingkungan yang kondusif kearah terciptanya penguatan ketahanan ekonomi wilayah yang didukung oleh upaya peningkatan kualitas manusia. Pada kondisi yang demikian ini diharapkan akan dapat diwujudkan nuansa peran dan fungsi yang seimbang dan saling berinteraksi antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat, dalam suasana kehidupan demokrasi yang semakin berkembang dan mantap.

" Kabupaten Maritim " merupakan kebulatan tekad dari aspirasi dan cita-cita masyarakat dan pemerintah daerah untuk memperoleh kewenangan kabupaten dalam wilayah laut antar pulau, serta mengelola secara optimal segala potensi sumber daya kelautan yang diharapkan sebagai motor penggerak perekonomian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga diharapkan terjadinya transformasi budaya masyarakat dari agraris/kontinen ke maritim yang religius.

B. MISI
Sebagai pemandu dalam mencapai tujuan ideal organisasi ditetapkan pula sejumlah misi yang disusun secara efisien dan efektif, inovatif dan kreatif serta memberikan gairah kerja pada semua komponen.

Misi ini menggambarkan mengenai keberadaan dan penetapan tujuan yang tepat dengan sasaran menggambarkan keadaan ideal yang ingin diwujudkan dan bertujuan untuk menunjukkan bagaimana tindakan dan hasil-hasil yang diinginkan tercapai.

Rumusan Misi Kabupaten Selayar :
1. Meningkatkan pelayanan prima untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik, demokratis dan menjunjung tinggi supremasi hukum.
2. Mewujudkan Selayar sebagai Kabupaten Maritim dalam satu kesatuan yang utuh
3. Memposisikan Selayar sebagai sub system dalam system transportasi nasional baik darat, laut maupun udara.
4. Mendorong transfomasi budaya masyarakat dari agraris/kontinen ke maritime yang religius.

Dalam upaya mencapai misi tersebut terdapat nilai-nilai yang menjadi "spirit" atau semangat yang mengilhami yang diadopsi dari nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat dan dipandang relevan untuk diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Nilai - nilai yang dimaksud adalah :
1. Tappa' ri Allah Ta'ala, artinya yakin dan percaya kepada Allah SWT, yang terwujud pada setiap tindakan, perkataan dan perbuatan.
2. Kontu Tojeng, artinya konsisten dalam pencapaian cita-cita dan tujuan yang telah direncanakan dan disepakati bersama.
3. Passamaturukang, artinya komitmen yang telah menjadi kesepakatan harus dilaksanakan dan diraih secara bersama.
4. Siri' artinya setiap orang akan merasa malu jika tidak berprilaku, bekerja dan memperoleh hasil yang baik seperti yang dilakukan orang lain, dan malu jika berbuat kebohongan, tidak jujur, dan melanggar aturan agama, aturan pemerintah, serta nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat.
5. Assipakatau artinya saling menghargai dan saling menghormati.
6. Berlandaskan kepada nilai-nilai keagamaan, nilai keagamaan akan berperan sebagai norma dan penuntun dalam melaksanakan aktivitas pembangunan, baik pemerintah, swasta, pemerintah maupun seluruh masyarakat.

Ibu Ani n Ibu Fatma

Ibu Ani n Ibu Fatma
Guru SDN Mangkura II pasang face di Pantai Baloya

Badan

Badan Informasi dan Statistika
Telp : (0414) 5354532
Alamat : Benteng Selayar Sulawesi Selatan

Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Latihan
Telp : (0414) 21118
Alamat : Jl.Bina Karya No.21 Benteng Selayar

Badan Penataan Ruang & Lingkungan Hidup
Telp : (0414) 21655
Alamat : Jl. Kemiri No.27 Benteng Selayar

Badan Pengawas Daerah
Telp : (0414) 21144
Alamat : Jl. S. Siswomiharjo No.42 Benteng Selayar

Bapelitbangda
Telp : (0414) 21070
Alamat : Jl. R.E.Martadinata No.2 Benteng Selayar

Visitour Selayar

Monday July 07th 2008, saya berangkat meninggalkan Kota Makassar menuju Ke Kota Selayar.

Dalam perjalanan tersebut kami Naik mobil pribadi dari Gowa menuju Takalar lanjut Jeneponto kemudian Bantaeng trus Bulukumba yakni terakhir di Bira. Etc lanjut ke Kab. Selayar dg menggunakan KMP (Kapal Motor Peri).

Di peri pelayaran menyita waktu sekitar satu jam setengah menuju pelabuhan Selayar. Lalu sandar di Selayar terus masuk di daratan tanah selayar yang dikenal dengan julukan 'tanah doang' dengan melewati beberapa kampung, desa, dusun rt n rw maupun kecamatan dilewati dan akhirnya kami sampai di tempat tujuan di Rumahx Bpk. Rahman Rajab. Yang berlokasi di pantai yang ada di dusun BT. BONTO, Kec. Bontomatene.

Di Bonto Matene inilah kami istirahat dan berbagai kegiatan rutin seperti makan, istirahat, Bab dsb kami lakukan. Di rumah tersebut pertama kali kita datang kami disuguhi dengan Ikan bakar (Ikan Kodok), disinilah kami makan sepuasnya belum habis makan lagi dst.
Tim kami2 ini terdiri dari Pak Rahman sbg Kepala Rombongan (bersm dg Anakx – Mitha), Ibu Barliang Istri Kepala, Ibu Asni brsm dengan cucux(Guru dari Mangkurat), Ibu Andi bersama dg 3 putrix (Mangkurat), Mba Fatma (Mangkurat), Mpok Ani (Mangkura), Mail (Mangkura), n Me